7 Ciri-Ciri dari Makanan Khas Sunda yang Rasanya Lezat


Makanan khas Sunda memang memiliki ciri khas tersendiri dan banyak yang diminati. Pusat oleh-oleh bahkan sudah menyediakan berbagai jenis makanannya yang bisa dijadikan camilan untuk dibawa pulang. Berikut ciri khas dari masakan khas Sunda yang rasanya lezat.

7 Ciri-Ciri dari Makanan Khas Sunda yang Rasanya Lezat

1.      Selalu Ada Sambal Terasi
Ciri yang paling khas adalah masakan Sunda selalu menggunakan sambal terasi. Biasanya dimakan dengan lalapan yang lengkap menggunakan tahu dan tempe goreng. Sambal terasi ini rasanya pedas yang membuat Anda makan dengan lahap. Cabe yang digunakan beragam dari cabe rawit, cabe merah, atau cabe lainnya yang dicampur.

2.      Selalu Ada Sayur Asem
Jika Anda makan di restoran atau makan di warung nasi masakan Sunda memiliki ciri khas selalu ada tersedia sayur asem. Sayur asem dibuat dengan kuah yang menggunakan bumbu asam jawa. Sayur ini sudah sangat terkenal dan sangat diminati buat Anda yang doyan sayur.

3.      Makanan Manis
Masakah Sunda terkenal dengan rasa pedasnya, hanya saja ciri khas lainnya adalah selalu ada makanan manis yang dijadikan penutup hidangan. Jenis makanan manis yang kerap disuguhi adalah putri noong, cocorot, kelepon, gurandil, awug, misro, dan berbagai jenis makanan khas Sunda lainnya.

4.      Bahan yang Unik
Ciri khas masakan Sunda selalu menggunakan bahan makanan yang kebanyakan orang tidak memanfaatkannya. Salah satunya makanan tumis genjer yang dibuat dengan menggunakan tanaman gulma di sela tanaman padi. Makanan lainnya sayur kadedemes atau nama lainnya kulit singkong. Makanan ini kerap dianggap beracun tetapi untuk masakan Sunda ini sangat lezat.

5.      Camilan yang Bervariasi
Makanan dari Sunda ciri khas lainnya adalah memiliki banyak camilan yang ringan, enak, dan murah. Pembuatan camilan ini unik dengan nama yang juga menarik. Pembuatan dan bentuknya bikin penasaran buat Anda yang berasal dari luar pulau Jawa wajib untuk mencoba.

6.      Murah Meriah
Ciri khas makanan Sunda adalah harganya yang murah meriah. Anda bisa membelinya dengan mudah dan bisa ditemukan di mana saja. Citarasanya bikin ketagihan dan tentunya tidak boleh dilewatkan. Sedia uang Rp100.000,00 Anda sudah bisa mencoba berbagai jenis makanan Sunda.

7.      Bahan Dasar Banyak Sayur
Makanan dari masakan Sunda banyak menggunakan sayur-mayur sebagai bahan masakannya. Beberapa di antaranya yang menggunakan sayur-mayur segar adalah karedok. Sayurnya digunakan mentah tanpa direbus atau ditumis. Lotek juga menggunakan sayur segar yang enak dicampur dengan gorengan.

Ciri-ciri makanan khas Sunda ini berbeda dengan masakan dari daerah lain. Seperti masakan minang selalu identik dengan rasa pedas dan banyak bumbunya. Anda yang dari Sumatera tidak akan menyesal mencoba makanan buatan Sunda. Apalagi camilannya yang bikin ketagihan. Rasa gurih, asin, dan dimakan dengan kuah kacang yang lezat.